Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)
Cipta Media

Pertanyaan Umum


Data Diri

Apakah Nomor KTP dan data diri saya aman untuk saya masukkan disini?

Pengumpulan, penyimpanan, dan pemrosesan data pribadi Anda kami simpan pada pihak ketiga, walaupun kami telah mengatur semaksimal mungkin agar data Anda aman, tidak ada situs web yang seratus persen aman, dan Cipta Media juga demikian. Untuk rincian hal-hal yang kami lakukan pada data Anda silahkan merujuk pada Kebijakan Privasi selengkapnya.

Bisakah saya menuliskan nama panggilan menggunakan nama samaran?

Tidak, nama panggilan yang Anda tuliskan akan terpublikasi dan mengait pada formulir yang Anda isi. Salah satu formulir adalah data keuangan yang membutuhkan akuntabilitas pribadi (penggunanya). Formulir lain adalah laporan aktivitas dimana terkait pada hak cipta kontributornya, sehingga nama samaran yang terlalu berbeda dengan nama resmi dan tidak bisa dirujuk kembali dengan mudah, tidak disarankan.

Apa yang harus saya cantumkan pada kolom "jabatan"?

Apabila Anda penerima hibah yang bertanggung jawab dan penandatangan kontrak hibah, maka Anda harus cantumkan "Pemimpin Proyek". Apabila Anda merupakan anggota dan merupakan bagian dari tim, maka cantumkan jabatan Anda disana, misalnya "Bendahara", "Administrasi", atau "Seksi Dokumentasi".


Formulir

Apakah ada batasan untuk bukti transaksi yang saya unggah?

Ukuran berkas bukti transaksi yang Anda unggah ke formulir laporan keuangan Cipta Media tidak boleh lebih dari 3MB dan format berkas gambar tersebut harus berupa .jpg atau .png. Jika berkas yang ingin Anda unggah lebih dari 3MB, harap sunting gambar menggunakan piranti lunak seperti Adobe Photoshop dan perkecil ukuran berkas bukti pembayaran Anda. Berikut adalah pranala yang mungkin dapat membantu Anda memperkecil ukuran berkas gambar, klik di sini

Bolehkah saya menuliskan laporan penggunaan dana yang transaksinya dilakukan oleh orang lain?

Boleh. Pada bagian "Transaksi Oleh", Anda bisa memilih "Orang lain" dan memasukan nama orang yang melakukan transaksi. Akan muncul juga bagian baru berjudul "Pelunasan" di mana Anda dapat menyimpan bukti pengembalian dana atas transaksi tersebut.


Creative Commons

Apa itu Creative Commons?

Creative Commons (CC) adalah lisensi bebas yang digunakan dalam hibah Cipta Media. Untuk lengkapnya Anda dapat merujuk pada situs Creative Commons Indonesia yang merupakan afiliasi Cipta Media Ekspresi.

Apakah saya dapat menjual karya saya apabila saya melisensikannya dengan CC?

Jawaban sederhananya bisa, namun secara prakteknya kami sarankan anda merujuk pada halaman Tanya Jawab Sobat CC untuk mempertimbangkan aplikasi lisensi ini dalam karya Anda.


Transparansi

Apakah saya harus mengunggah semua bukti transaksi saya?

Ya. Semua bukti transaksi terkait dengan proyek Anda apabila dibiayai oleh hibah harus dilaporkan dengan cara mengunggahnya melalui formulir laporan keuangan.

Di salah satu bukti transaksi saya terdapat data yang sensitif, bolehkah saya menyuntingnya?

Anda dihimbau untuk menyunting semua informasi sensitif yang tertera di bukti transaksi Anda. Perlu diingatkan kembali bahwa semua berkas yang diunggah ke Cipta Media akan dipublikasikan kecuali kami nyatakan sebaliknya. Untuk itu, semua informasi sensitif yang terterta dapat Anda suting dengan menggunakan piranti lunak seperti Adobe Photoshop atau Anda dapat menutup/mencoret informasi tersebut sebelum memindai berkas bukti transaksi Anda.

Saya mengunggah berkas yang salah, apakah saya dapat mengubah berkas tersebut?

Anda dapat melayangkan permintaan pengubahan berkas dengan mengirimkan surel ke info@ciptamedia.com.

Saya mengunggah berkas dengan informasi yang sensitif, apakah saya dapat menghapusnya?

Anda dapat melayangkan permintaan penghapusan berkas dengan mengirimkan surel ke info@ciptamedia.com dan menyatakan bahwa Anda ingin melakukan penghapusan konten/informasi sensitif yang Anda unggah. Walaupun berkas Anda sudah terhapus dan tidak lagi tanyang di situs Cipta media, namun berkas Anda tidak dapat benar-benar terhapus dari sejarah perkembangan situs kami. Untuk itu, harap pastikan bahwa Anda mengunggah berkas yang tidak memiliki konten/informasi sensitif.