Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)
Cipta Media

Laporan Aktivitas Wanita Kusumayuda

Oleh: Sri Harti

Studi literer

Tanggal 04 Jan 2019
Menarik kesimpulan dan mencatat karakter tokoh Srikandhi
Mencari sumber pustaka yg menjelaskan karakter tokoh Srikandhi
Jam 12.00-14.00
Lokasi Perpustakaan Prodi Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Ska
Alamat Jl ki Hajar Dewantoro no 19, Kentingan, Jebres Surakarta
Daftar Hadir Ika Laksmiwati (pustakawati)
Dwi Adi Nugroho
Eko Prasetyo
Kevin meinandoval
Tujuan Mencari naskah pakeliran (naskah pertunjukan wayang) sebagai sumber acuan untuk penyusunan naskah "Wanita Kusumayuda" dan mencari sumber literatur karakter tokoh2 perempuan dalam pewayangan.
Ringkasan
Hasil Dari kegiatan ini ditemukan penebalan karakter tokoh Srikandhi dan Mustakaweni.
Evaluasi Tidak ditemukan buku atau naskah pertunjukan wayang berjudul Mbangun Candi Saptaharga dan Srikandhi Mustakaweni di perpustakaan ini. Di mana kedua judul itu sebagai bingkai lakon dalam penyusunan naskah wanita kusumayuda. Sumber dari you tube banyak ditemukan dalang yg menyajikan kedua lakon tersebut, namun blum ada yg menulisnya menjadi sebuah naskah atau buku yg bisa dibaca oleh umum. Naskah yg dibuat dalang biasanya untuk koleksi pribadi saja. Begitu banyak buku yg mengupas tokoh Srikandhi, namun untuk tokoh Mustakaweni tak ada yg mengupasnya, padahal tokoh ini pun punya fenomena yg menarik untuk ditampilkan
Rekomendasi Saya bersyukur mendapatkan hibah ntuk menyusun naskah wanita kusumayuda. Saya berharap naskah ini nanti bisa menambah koleksi naskah2 pakeliran di perpustakaan prodi Pedalangan, sehingga mahasiswa di Fakultas Seni pertunjukan terkhusus prodi pedalangan bisa mendapatkan sumber acuan dalam penggarapan karya terkhusus dalam penyusunan Tugas Akhir. Beberapa kali di sela2 jam mengajar saya sering berkunjung ke perpustakaan ini. Hal-hal penting sering sy temukan demi terselesaikannya proyek ini.